Sepeda listrik Astrobike ditampilkan dalam ajang Pameran Hardiknas

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan sepeda listrik berbasis Android. Kreasi ini mendapat apresiasi sebagai salah satu produk di bidang technopreneur. Sepeda listrik buatan Dangin dan rekan-rekannya itu diberi nama ‘Astrobike’.

Ada dua tipe sepeda yang diperkenalkan, yakni tipe sepeda wanita dan sepeda pria. Dangin mengatakan Astrobike berawal dari kebutuhannya sebagai mahasiswa yang tidak memiliki sepeda motor. “Maka saya otak-atik sendiri sepeda yang saya punya agar memiliki kemampuan yang sama dengan motor.” ujar Dangin, dalam siaran persnya, Selasa (3/5).

Menurutnya, keunggulan Astrobike adalah pada double system charging, lock system and system monitoring base on android, astrobike aplication, dan beberapa fitur lain. Sepeda listrik ini dipamerkan bertepatan dengan penyelenggaraan  Pameran Hardiknas di GOR UNY, Senin.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNY Rochmat Wahab mengapresiasi kreasi ini. Ia bahkan mengusulkan agar sepeda listrik tersebut dijadikan sepeda kampus.  “Buat yang banyak, jadikan sepeda kampus,”  kata dia.

Tidak hanya rektor UNY yang memberikan perhatian pada Astrobike. Rektor-rektor universitas lain pun tertarik ketika digelar pameran teknologi pada acara Forum Rektor Indonesia (FRI) di UNY, beberapa waktu lalu.

About the author: astrobike-wp

Leave a Reply

Your email address will not be published.